Ramadhan Pengeluaran Banyak, Kok Bisa?

hidup borosMomen ramadhan atau bulan puasa seharusnya momen yang bagus untuk menabung, karena yang biasanya umum kita makan sehari 3 kali, dibulan puasa ini menjadi 2 kali, yaitu disaat berbuka dan bersahur saja.

Tapi kenyataannya jauh dari kata seharusnya. Saya kira ini berlaku umum, dan hanya mereka yang benar-benar terbiasa hidup dengan sederhana yang mampu bisa menahan hawa nafsu, mungkin mereka yang usianya sudah lanjut 🙂

Dengan alasan menambah nafsu makan, menambah stamina yang hilang di saat siang berpuasa, kita pagi atau siang harinya belanja berlebihan untuk membuat menu yang enak untuk berbuka puasa.

Jika tidak masak dirumah pun, kita tetap membelinya dan makan diluar dengan mencari menu yang enak-enak. Ditambah jajanan pembuka, misalnya es cendol, gorengan atau apalah yang diluar dari biasanya.

Ternayata setelah di hitung2 justru bisa dua kali lipat kita mengeluarkan pembelanjaan hanya untuk demi nafsu makan. Belum diakhir ramadhan, yang kita biasanya pasti beli baju baru untuk di kenakan disaat lebaran…

Mmm… inti dari semuanya semoga kita tetap menjadi pengendali sabar dan nafsu… aamiin

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *