Membuat SIM C di Purbalingga

You are here:
Home » Informasi » Membuat SIM C di Purbalingga

Membuat SIM C di Purbalingga

 

Berikut coba saya informasikan step by step proses pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi) untuk kendaraan roda dua (C) di samsat Purbalingga khsusunya, seperti yang baru saja saya lakukan kemarin ini.

Sudah sangat umum informasi diluar sana yang jika membuat SIM biasanya akan dipersulit. Dipersulit bisa karena kita tidak tau tata caranya yang benar, atau mungkin juga dipersulit emang dari sononya πŸ™‚

Ini proses yang saya lakukan kemarin:

(1) Tanggal 17/02/2014 pagiΒ  jam 10an saya datang langsung ke Satlantas Purbalingga. Saya langsung tanya kesalah satu orang yang sedang mengisi formulir pendaftaran di meja informasi, dan sarankan untuk membuat surat keterangan kesehatan dulu di luar samsat (+/- 25 meter sebelah timur sebelum masuk Satlantas).

Prosesnya hanya menyerahkan KTP asli untuk sebagai nomor antri sebelum dipanggil. Setelah dipanggil akan ditanya untuk pembuatan SIM baru atau perpanjangan, tinggi badan, berat badan dan golongan darah juga akan ditanyakan. Terakhir di cek tensi darah sebelum selembar kertas catatan tadi diberikan, untuk surat ini kita dikenakan Rp.20.000,-.

(2) Setelah membawa surat dari dokter, masuk ke ruang pendaftaran dan tunjukan surat dariΒ  dokter tadi dan nanti akan diberikan formulir pendaftaran untuk kita isi sendiri diluar. Isi semua yang perlu di isi dan jika sudah selesai serahkan kembali ke ruang pendaftaran lagi.

(3) Menunggu dipanggilan untuk melakukan tes AVIS (audio visual) di ruang khusus. Akan ada 30 pertanyaan yang harus anda jawab dengan menekan tombol Merah untuk salah dan Hijau untuk benar. Syarat untuk lulus adalah anda harus menjawab benar minimal 22 poin dari 30 pertanyaan tadi.

(4) Jika sudah dinyatakan lulus, keluar ruangan dan menuju tempat uji praktek lapangan dengan motor masing2. Disana akan di uji ketangkasan berkendara dari mulai jalan lalu berhenti, zig zag, muter mengikuti angka 8, dan terakhir memutar/belok huruf U.

(5) Di nomor (4) anda lulus, dilanjatkan uji jalan raya yang sebenarnya. Dinilah saya kemarin dish/gagal karena berbelok tidak berhenti dan juga menyalip dokar dengan tidak riting πŸ˜€

(6) Jika nomor (3), (4) dan (5) anda lulus bisa saja langsung diarahkan untuk ke bank BRI guna melakukan pembayaran pembuatan SIM. Tapi jika gagal di nomor (4) dan (5) polisi akan menyarankan datang lagi pada hari yang sama di minggu berikutnya. Dan menyarankan juga untuk ikut pelatihan ditempat yang ditunjuk (di brobot sebelum SPBU gembong, purbalingga).

Pembuatan SIM di Purbalinggga(7) Singkat cerita senin 24/02/2014 saya datang lagi ke Satlantas setelah senin sebelumnya gagal di tes jalan raya. Dan pagi2 sekali datang ke tempat pelatihan dan mendaftar dengan membayar uang sebasar Rp.150.000,- dan mendapatkan sertifikat pelatihan (gambar dibawah).

Sertifikat SIM C

(8) Setelah mendapatkan sertifikat lulus pelatihan, bawa dan datang lagi ke Satlantas lalu serahkan ke petugas lapangan untuk didata kembali. Setelah didata, kita akan disuruh ke BRI untuk membayar pembuatan SIM yang sebanarnya, sebesar Rp.100.000,-.

(9) Bawa bukti resi bank tadi beserta dokumen yang diberikan oleh petugas lapangan ke ruang pendaftaran semula.

(10) Menunggu untuk giliran photo

(11) Menunggu pembagian SIM yang sudah jadi

(12) Bayar parkir Rp.1000,-

(13) Pulang…

 

Note:

Syarat:

Siapkan saja uang dan foto copy KTP 4 lembar

Total biaya:

Rp. 271.000,-

Rincian:

Rp.20.000,- surat kesehatan dari dokter

Rp.150.000,- sertifikat pelatihan

Rp.100.000,- bayar pembuatan SIM di BRI

Rp.1000,- bayar parkir

Kata kunci yang masuk:

  • contoh sertifikat security gada pratama
  • tempat pembuatan sim di purbalingga
  • biro jasa sim purbalingga
  • pembuatan sim di purbalingga
  • jasa pembuatan sim purbalingga
  • jadwal buka satlantas purbalingga
  • contoh sertifikat sim c
  • cara perpanjang sim di purbalingga
  • Jasa membuat sim di purbalingga
  • Buat sim di purbalingga
  Posted by 17 Komentar
   
17 Komentar di Β» Membuat SIM C di Purbalingga  
  1. Koran Gratis berkata:

    Kontennya Manteb – Manteb Gan. Sukses Selalu.

    Salam Kenal Ya Bradher. Di Tunggu Visit Backnya Gan Visit Back KORAN GRATIS

  2. ady berkata:

    wow rinci sekali, sampai2 biaya parkir dihitung… hihihi

  3. Sukadi berkata:

    Dulu waktu saya buat SIM tahun 2010 biayanya masih agak murah mas, prosesnya juga hampir sama, waktu itu satu hari bisa langsung jadi. πŸ™‚

  4. Dewirinanti H.P berkata:

    om, postnya bagus-bagus om. om itu blogger purbalingga juga kan? kalo mau masuk komunitas gimana caranya om?

  5. Sunandar berkata:

    wah makasih mas buat infonya πŸ˜€ saya juga pengen bikin sim nih..

  6. GaleriSoftwarer berkata:

    ane bingung gan πŸ˜€

 

Tinggalkan komentar anda

Feb
26
2014