Terkenang Masa Dulu

You are here:
Home » Dari Penulis » Terkenang Masa Dulu

Terkenang Masa Dulu

 

Terkenang berarti ingatan yang datang secara tiba-tiba, berbeda dengan Mengenang yang memang disengaja ingatan kita untuk untuk mengingat-ingat sesuatu yang pernah terjadi. Dalam lamunan yang dingin disore hari dengan tiupan angin yang kencang saya terkenang masa di perantauan dahulu.

Pulau Batam menjadi kenangan pahit dan manis yang saya rasakan sendiri, tahun 2002 di bulan Desember saya pertama kali merantau dan tujuannya adalah batam. Tidak terpikir seperti apa itu batam, kota yang katanya dekat sekali dengan Singapore dan Malaysia ini menjadi tujuan para perantau orang dari berbagai daerah di Indonesia.

Pertama yang saya banyangkan sebelum dan berangkat adalah bisa menikmati lagu kesukaan saya secara Live di radio-radio Malaysia, karena memang dulu dan sekarang saya masih menyukainya. Setelah dua hari – dua malam dalam perjalanan laut dengan Kapal Sinabung akhirnya bayangan selama dikampung benar, di batam adalah syurganya musik bagi jiwa saya yang sangat gandrung dengan lagu2 Slow Rock.

Dalam hal pekerjaan

Saya orang bodoh, yang bekerja hanya mengandalkan otot. Kalau saya tidak bodoh mungkin merantau jauh bukan menjadi pilihan. Sampai di Batam hari ketiga saya baru mulai bekerja, berladang dan menanam sayur adalah pekerjaan “seorang bodoh” yang pertama dilakukanya, danbertahan hanya 3 bulan. Seterusnya sampai 2 tahun bergonta-ganti pekerjaan yang semuanya mengandalkan otot hingga tahun ketiganya saya pindah dari Batam ke Tembilahan (Riau).

Di Tembilahan alhamdulillah sedikit ada perubahan, saya bekerja di Sub Pertamina punya pak Haji Soebely Ardy sebagai pengantar minyak ber ton-ton menggunakan tongkang. Saya dibagian kapal dan sebagi KKM (kepala kamar mesin), mendistribusikan minyak ke masyarakat melalui sub-sub di daerah sana. Dua tahun bertahan dan akhirnya pulang tapi tetap saja tidak membawa apa2 hahaha . . . ๐Ÿ˜€

Note : Tadinya mau bercerita kehidupan saya di batam, tapi kok jadinya biografi perjalanan hidup selama merantau . . . Ya sudahlah ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  Posted by Nol komentar
   

Tinggalkan komentar anda

Sep
7
2011