Googling With Google SSL Search

You are here:
Home » Internet » Googling With Google SSL Search

Googling With Google SSL Search

 

Bismillah, . . .
Google adalah mesin pencari paling populer dan yang pasti aku gunakan kalau mau mencari sesuatu di internet. Tapi beberapa terakhir ini ada sedikit yang aku herankan dari mesin pencari ini, kemarin belum menemukan jawaban-nya karena tidak menanyakan pada siapapun termasuk mbah google sendiri.

Tapi kini alhamdulillah sudah sidikit terjawab apa yang menjadi pertanyaan diri sendiri. Maksudnya adalah, setiap kali aku masukan alamat http://www.google.com di browser firefox yang aku gunakan pasti langsung (otomatis) mengarah ke https://encrypted.google.com, seperti screenshot berikut :

hasil SSL dari google

Ternyata dari hasil googling jawabanya adalah dengan memanfaatkan fitur SSL (Secure Socket Layer) yang dimiliki oleh google, dan menggunakan koneksi SSL maka pertukaran data yang terjadi antara komputer anda dengan google akan terenkripsi dengan aman sehingga melindungi anda dari pencurian data oleh pihak ketiga. Dengan ini juga anda bisa melakukan pencarian di search engine google dengan lebih aman dan private.

Ketika anda mencari dengan menggunakan SSL ini, maka data pencarian anda tidak akan bisa dibaca oleh pihak ketiga seperti Internet Service Providers (ISP) dan dari pihak-pihak lainnya yang tidak diinginkan. Selain itu saat anda mengunjungi sebuah situs dari hasil pencarian tersebut, maka browser anda tidak akan mengirimkan informasi referrer ke HTTP link yang anda kunjungi tersebut.

Dan Google SSL Search ini masih merupakan versi beta dan perlindungan SSL ini masih hanya tersedia untuk fitur google search saja (belum tersedia untuk Google Images, Google Maps dll). Satu hal yang menjadi kelemahan dari pemakaian koneksi SSL ini, yaitu kecepatan koneksi  internet anda akan sedikit lebih lambat daripada saat menggunakan koneksi biasa.Demikina sedikit yang aku dapatkan dari pencarian sana-sini, mungkin masih ada pencabaran lain yang lebih obyektif dan jelas dari para master silahkan tambahkan melalui form komentar untuk pengetahuan bersama. Terima kasih,

  Posted by 1 Komentar
   
Komentar di » Googling With Google SSL Search  
  1. Putra Perdhana says:

    Salam kenal bro, thanks info tentang SSLnya, baru tau ane fungsinya… 🙂

 

Tinggalkan komentar anda

May
17
2011